Sindikasi: Subscribe to Blogger SUMUTBeritaSubscribe to Blogger SUMUTKomentar

Taman Wisata Alam Sibolangit

December 1, 2008 oleh  
Tersimpan pada Potensi dan Pariwisata

Kelompok Hutan Sibolangit terletak diantara jalan raya Medan Berastagi, sekitar 40 km dari kota Medan dengan waktu tempuh lebih kurang 1jam. Sebagai jalur wisata, kondisi jalan sangat mulus sehingga dapat dilalui oleh berbagai jenis kendaraan bermotor roda dua dan empat.

Selain dari kendaraan pribadi, hutan Sibolangit ini juga dapat ditempuh melalui pengangkutan umum, baik jurusan (trayek) Medan – Berastagi maupun Medan – Sidikalang.

Sebelum memasuki Sibolangit, terlebih dahulu melewati kawasan wisata Pemandian Sembahe. Dilokasi ini mengalir air sungai yang mengalir jernih dan sejuk. Pada hari-hari libur tempat ini ramai dikunjungi khususnya oleh wisatawan lokal untuk sekedar mandi-mandi dan bersantai ria.

Melanjutkan perjalanan, pada tanjakan yang terjal, disebelah kanan ruas jalan akan dijumpai sumber air yang telah diusahakan sejak tahun 1959 dan sekarang dikelola oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi. Sumber air ini juga sebagai pemasok kebutuhan air bagi kota Medan dan sekitarya. Hal ini menunjukan bahwa pengelolaan hutan Sibolangit yang baik akan memberikan manfaat yang cukup besar khususnya dalam hal pengaturan tata air.

Tidak jauh dari lokasi PDAM Tirtanadi dimaksud, disebelah kiri jalan akan ditemukan papan informasi yang memberikan petunjuk bahwa kita sudah memasuki gerbang kawasan Hutan Sibolangit.

SEJARAH

Bermula pada tahun 1914 atas prakarsa DR. J.C Koningsberger Direktur Kebun Raya Bogor ketika itu didirikan Kebun Raya (Botanical Garden) Sibolangit oleh Tuan J.A Lorzing sebagai cabang dari Kebun Raya Bogor. Selanjutnya pada tanggal 10 Maret 1938 dengan Surat Keputusan Z.B No.37/PK, Kebun Raya diubah statusnya menjadi Cagar Alam.

Mengingat Cagar Alam ini kaya akan berbagai jenis tumbuh-tumbuhan (flora) yang bukan hanya sekedar untuk koleksi, melainkan juga memberikan juga memberikan kontribusi yang sangat penting bagi keperluan ilmu pengetahuan dan pendidikan (sebagai laboratorium alam) serta pengembangan pariwisata (rekreasi), maka pada tahun 1980 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertanian No. 636/Kpts/Um/9/1980 sebagai Cagar Alam Sibolangit (seluas ± 24,85 Ha) dialih fungsikan menjadi kawasan Taman Wisata Alam Sibolangit.

Secara administratif pemerintahan, kawasan Taman Sibolangit ini terletak di Desa Sibolangit Kecamatan Sibolangit Kabupaten Deli Serdang Propinsi Sumatera Utara.

Tentang Adieska™

Blog: http://adieska.net

Komentar

16 Komentar untuk tulisan "Taman Wisata Alam Sibolangit"

  1. marshmallow pada Thu, 4th Dec 2008 7:51 

    kurang foto-foto deh kayaknya.
    ntar kita berburu foto di destinasi wisata sumut ya? trus kita posting di sini, dan kita promosikan keindahan propinsi kita!

  2. swara pada Mon, 15th Dec 2008 21:00 

    Segerrrrr….itu comment yang pas kalo kita melancong ke sumut, coz sungainya banyak, air mengalir sampai jauhhhhh…horas! jadi pingin lagi di bawah ‘gerojogan’ air terjun Loknya!berrrrr…..

  3. adina pada Mon, 15th Dec 2008 21:18 

    sipiso-pisonya ngeri oyyyyy……

  4. badairorizky pada Fri, 19th Dec 2008 6:05 

    kurang lengkap kayaknya keterangannya, soalnya bunga banngkai kebanggan Taman Wisata Alam sibolangit tidak dicantumkan, padahal itukan sudah menjadi trade marknya TWA sibolangit, fotonya ga masalah deh nanti kita bantu, nyari dulu disimpan dimana foto-fotonya, lain dari itu udah siplah informasinya, cari lagi informasi tentang TWA – TWA yg ada di Sumatra Utara.

  5. Ricky Amanta pada Fri, 7th Aug 2009 13:40 

    kapan-kapan ajak dong ke sibolangit!

  6. Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang pada Tue, 25th Aug 2009 23:44 

    iya nih kurang fotonya untuk mengambarkan keindahanya…

  7. Satria pada Wed, 23rd Sep 2009 9:40 

    Lebaran hn

  8. tia pada Wed, 7th Oct 2009 15:38 

    memang kurang photo biar orang pada lihat nich wisata medan yang lain gitu lho

  9. salomo pada Fri, 30th Oct 2009 18:57 

    waktu itu SMANSA pancur batu membuat penelitian tentang Cagar alam.. untuk anak kelas 3 ipa… pengalaman saya….
    saya merasa seperti di surga sewaktu saya berada di dalam TWA sibolangit.
    udaranya yang begitu bersih dan banyak pepohonan yang unik dan menarik untuk di amati. setelah pulang dari TWA sibolangit.. saya sadar bahwa hutan atau tumbuh2an sangat kita butuh kan. dan saya akan menjaga hutan dari orang2 yang tidak memikirkan nasib mahkluk hidup…. salam LESTARI….

  10. fadly pada Wed, 2nd Jun 2010 16:00 

    mantap cuy……
    sibolangit i’m coming………

  11. monica pada Tue, 20th Jul 2010 20:06 

    waktu gw masih kecil tuh cagar alam kayaknya masih asik bgt buat di kunjungi tp sekarang seperti tidak terurus sama sekali.

    salah satu keunikan hutan ini juga bunga bangkai nya yg tetap eksis.
    karena dekat dari rumah jadi tahu persis perubahan dari hutan ini.
    semoga semakin banyak yg peduli akan keberadaannya,.

  12. larantika hanif pada Fri, 24th Sep 2010 20:14 

    keren……….
    kira2 bisa ditambahin informasi soal keberadaan desa negeri suah di kecamatan sibolangit yang punya sungai air panas gak ya??? aq butuh banget infonya

    salam

  13. febrina pada Sat, 30th Oct 2010 0:43 

    klo ada foto atau video nya pasti jd lbh bagus..

  14. rini pada Mon, 1st Nov 2010 22:08 

    provide the website in English also, so i can understand…
    international tourist will be attracted to visit this park..
    i guaranteed…^__^

  15. kusnadi pada Mon, 13th Dec 2010 15:54 

    Kayaknya perlu kita bangkitkan lagi bersama-sama TWA Sibolangit. Mohon masukan dan syaran apa yang kita bisa buat untuk TWA Sobolangit.

  16. ria pada Sat, 10th Dec 2011 15:54 

    disertai gambar/foto kan lebih jelas dan terlihat orisinil…..

Sampaikan pikiran anda...
dan jika anda ingin menampilkan gambar diri anda, silahkan gunakan gravatar!