Sindikasi: Subscribe to Blogger SUMUTBeritaSubscribe to Blogger SUMUTKomentar

Kabupaten Asahan ” RAMBATE RATA RAYA “

March 15, 2009 oleh  
Tersimpan pada Potensi dan Pariwisata

RAMBATE RATA RAYA Kabupaten Asahan

Sumatera Utara dengan 29 Kabupaten di dalamnya, menyimpan begitu banyak potensi dalam segala bidang. Saat ini Sumatera Utara dipimpin oleh Bapak Syamsul Arifin SE selaku Gubernur dan Bapak Gatot Pujo selaku wakil Gubernur lewat pemilu damai tanggal 16 April 2008 silam.

Kali ini kita akan sekilas menuju Kabupaten Asahan.

1. Geografi
Secara geografis Kabupaten Asahan berada pada 2 derajat 30’00’’- 3 derajat 07’49’ Lintang Utara dan 99 derajat 00’00” – 100 derajat 00’00” Bujur Timur, dengan ketinggian 0 – 2.000 m di atas permukaan laut. Pasca pemekaran, luas Kabupaten Asahan menjadi 370.221 ha, terdiri dari 25 Kecamatan, 177 desa dan 27 kelurahan, dengan batas-batas:

Sebelah Utara : Kabupaten Batubara dan Selat Malaka

Sebelah Timur : Selat Malaka

Sebelah Selatan : Kabupaten Labuhan Batu dan Toba Samosir

Sebelah Barat : Kabupaten Simalungun

2. IKLIM
Seperti umumnya daerah-daerah lanilla yang berada di kawasan Sumatera Utara, Kabupaten Asahan termasuk daerah beriklim tropis dan memiliki dua musim yaitu musim kemarau dan musim hujan. Curah hujan ( 2006 ) sebanyak 2.164 mm. Rata-rata curah hujan mencapai 180,33 mm/bulan.

3. PENDUDUK
Jumlah Penduduk Kabupaten Asahan berdasarkan hasil Sensus Penduduk 2007, penduduk Kabupaten Asahan berjumlah 676.605 jiwa dengan kepadatan penduduk 182 jiwa per kilometer persegí. Sedangkan laja pertumbuhan penduduk tahun 2001 sampai dengan 2007 diperkirakan sebesar 1.89%. Penduduk Kabupaten Asahan lebih banyak tingal di pedesaan daripada perkotaan. Di daerah pedesaan terdapat 478.958 jiwa atau 70.78% dari jumlah penduduk, sedangkan di daerah perkotaan hanya 197.647 jiwa atau 29.21%.

4. Perekonomian
Product Domestic Regional Bruto ( PDRB) atas dasar harga yang berlaku 2004 sebesar 7.71 trilyun rupiah, sedangkan PDRB per cápita sebesar 12.04 juta rupiah. Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Asahan sebesar 6.62% atau di atas rata-rata Sumatera Utara sebesar 5.95%.

5. Visi dan Misi
Visi Pemerintahan Kabupaten Asahan 2006-2010: “Membangun Bersama Rakyat Mewujudkan Masyarakat Asahan yang Sejahtera”

Misi:

  1. Peningkatan dan pengembangan Sumberdaya Manusia ( Human Resources ) dibarengi keimanan dan ketaqwaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara;
  2. Pemberdayaan kehidupan social dan ekonomi yang berbasis kerakyatan yang memiliki daya saing dan wawasan lingkungan;
  3. Terwujudnya rasa aman dan tertib melalui upaya penegakan hukum dan HAM;
  4. Terwujudnya aparatur pemerintah yang bersih dan berwibawa
  5. Memberdayakan peran serta masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan;

6. Potensi Daerah
Pertanian Tanaman Pangan dan Horticultura

Pertanian tanaman pangan dan horticultura merupakan salah satu sub sector yang cukup prospektif untuk dikembangkan di Kab. Asahan. Hal ini didukung ketersediaan lahan budidaya, kesesuaian agroklimate, sarana dan prasarana yang memadai. Komoditas andalan ádala padi, kedelai, jagung, ubi kayu, cabe, pisang barangan, dan asam gelugur.

Perkebunan

Kabupaten Asahan merupakan salah satu sentra perkebunan di Provinsi Sumatera Utara, dan bahkan Provinsi Sumatera Utara menjadi penghasil kelapa sawit utama di Indonesia. Selain kelapa sawit dan karet, komoditi penting lainnya adalah kakao ( coklat ) dan kelapa. Hingga saat ini terdapat lebih dari 30 perusahaan perkebunan baik itu milik pemerintah, swasta nasional dan asing telah menguasai lahan lebih dari 140 ribu hektar dan menyerap sekitar 23 ribu tenaga kerja. Sementara perkebunan rakyat hanya menguasai kurang dari separuhnya, tetapi justru menyerap tenaga kerja lebih banyak yakni sekitar 50 ribu orang. Hasil perkebunan kelapa sawit dan kelapa tidak terbatas diambil buahnya, tetapi lidinya pun sudah mampu menembus pasar ekspor.

1. Perkebunan Negara : 6,137.39 Ha dengan hasil 6,818.93 Ton

2. Perkebunan Swasta Nasioanal : 17,873.97 Ha dengan hasil 17,667.19 Ton

3. Perkebunan Swasta Asing : 5,173.51 Ha dengan hasil 5,550.34 Ton

4. Perkebunan Rakyat : 6,882.50 Ha dengan hasil 11,786.05 Ton

Sehingga luas total perkebunan adalah 36,067.37 Ha dengan total hasil 41,822.51 Ton

Khusus untuk komoditi kakao ( Coklat ), dalam sistem pemasarannya ditangani oleh beberapa kelompok tani dan koperasi melalui pelelangan yang diselenggarakan dalam periode tertentu. Hal ini Sangay bermanfaat bagi peningkatan pendapatan petani kakao ( coklat ). Di sisi lain, ini juga memudahkan bagi para buyer untuk mendapatkan komoditi kakao ( Coklat ), tanpa harus melakukan pembelian secara sporadis ke sentra-sentra produksi.

Total luas areal tanaman coklat perkebunan rakyat di Kabupaten Asahan seluas 9.089,75 Ha dengan total produksi sebesar 10.672,69 ton

Perindustrian

Pasca pemekaran wilayah, sentra industri pengelolaan skala besar di Kwala Tanjung menjadi milik Kabupaten Batubara. Namun demikian, masih terbuka lebar potensi dan peluang-peluang untuk kembali menghadirkan investor bidang pengolahan skala besar, terutama industri pengolahan hasil-hasil pertanian dan perkebunan. Di samping itu, Kabupaten Asahan juga memiliki sejumlah produk unggulan yang dihasilkan dari industri kecil dan kerajinan rumah tangga. Beberapa bidang usaha yang berkembang antara lain adalah: pengolahan meubel kayu batang kelapa, pengolahan sabut kelapa, minuman ringan Nata de Coco, kerajinan kulit ( Sepatu ”Bunut” ), anyaman pandan, pembuatan dodol, dan lain-lain.

Perikanan

Kabupaten Asahan menyimpan potensi yang cukup besar bagi pengembangan agribisnis di bidang pengusahaan perikanan dan kelautan, diperkirakan Kabupaten Asahan memiliki garis pantai sepanjang lebih kurang 58 Km. Namun demikian, sampai saat ini potensi yang sangat besar tersebut belum termanfaatkan secara optimal. Sentra Nelayan terdapat di Kec. Air Joman, Tanjung Balai, dan Kec. Sei Kepayang. Sampai saat ini terdapat 735 unit budidaya perikanan.

Pariwisata

Potensi Sungai Asahan khususnya di sekitar Desa Tangga, Kecamatan Bandar Pulau, Kabupaten Asahan, merupakan sumber daya alam untuk obyek wisata alam yang ideal dan terus dikembangkan agar semakin dikenal oleh masyarakat luas khususnya para wisatawan mancanegara dan nusantara. Derasnya arus air sungai Asahan yang berkecepatan 120 Meter kubik per detiknya dengan grade IV-V+ sangat menantang jiwa petualangan para penggemar olah raga arus deras ini. Pada Tahun 2000, 2001, dan 2003, Pemerintah Kabupaten Asahan menyelenggarakan kejuaraan bertaraf internasional diikuti oleh atlet-atlet kayak kelas dunia. Tahun 2005, 2006 dan 2007 Kejuaraan bertaraf Nasional.

Tahun 2008 Pemkab Asahan telah menyelenggarakan Kejuaraan Arung Jeram Internasional dengan Tajuk ” Asahan White Water Festival 2008 ” tanggal 11-14 Desember 2008.

Kabupaten Asahan juga menawarkan kerjasama pengelolaan beberapa obyek wisata alam lainnya, antara lain: air terjun Aek Sisapa di Kec. Bandar Pasir Mandoge dan air terjun Simonang-monang di Kec. Bandar Pulau.

Energi Listrik Tenaga Air

Wilayah Kabupaten Asahan memiliki beberapa potensi air terjun yang dapat di manfaatkan sebagai penggerak motor sumber daya listrik. Air terjun Asahan III dan Asahan IV merupakan alternatif yang dapat memberikan kontribusi kelistrikan yang memadai dalam skala besar dan kini sedang dilakukan kelayakan Amdal sebelum dimulai pembangunannya. Diperkirakan potensi Asahan III dan Asahan IV dapat menghasilkan energi listrik masing-masing sebesar 200 MW sampai dengan 250 MW.

Sumber : DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN KABUPATEN ASAHAN alamat : Jln. Prof. H.M.Yamin SH, No 44, Telp (0623 ) 41406 KISARAN

Kemaren juga sempat ni interview dengan yang menjaga stan waktu acara Medan Fair bulan Desember kemaren di tapian daya PRSU di jalan Gatot Subroto Medan.

Makanan khasnya hadala gulai melayu dan senang yang bersantan. Mayoritas sukunya adalah melayu dan otomatis bahasanya adalah melayu. Tarian daerahnya adala Gubang, Mainang dan Serampang 12.

O iya satu lagi obyek wisata arung jeram yang bertaraf internacional itu punya nama lain Arung Jeram “TOBASA”

Jadi buat kamu-kamu yang masih tinggal di kawasan Sumatera Utara kayaknya wajib dech sekali-sekali nyoba berlibur di sana, dijamin ngga kalah seru dari arung jeram yang ada di jawa dan bali, apalagi luar negeri, selain bukan buatan, setidaknya bisa menghemat uang saku berlibur khan???

Mohon masukannya ni, kalo memang ada lagi yang mau di tulis mengenai Kabupaten Asahan, barangkali masih belum terekspos di sini.

WE LOVE Sumatera Utara

Tentang realylife

Blog: http://realylife.wordpress.com

Komentar

45 Komentar untuk tulisan "Kabupaten Asahan ” RAMBATE RATA RAYA “"

  1. reallylife pada Sun, 15th Mar 2009 22:09 

    ada info menarik lainnya tentang daerah Asahan silahkan dishare di sini ya

  2. dedek arman pada Mon, 16th Mar 2009 8:28 

    kab.asahan terdapat juga lap.golof yang terhampar hijau juga tak jarang digunakan sebagai tempat bersantai ,menikmati penghijauan dan kerindangan nya pohon2 tua disekitar nya.

  3. Intan Maulina pada Tue, 17th Mar 2009 10:35 

    Ashan tak kan tergantikan……………
    Selalu di hati……………
    Walaupun jauh di mata tp dekat di hati.

  4. Muhamma Nurdin pada Fri, 20th Mar 2009 10:51 

    Assalamu ‘alaikum wr,wb

    Salam bloggersumut

    Apa arti ” RAMBATE RATA RAYA “ itu ????????

    Sedikit kerinduan dengan ASAHAN dulu aku SLTA di sana tepatnya di MAS AL-WASHLIYAH stambuk 92……
    Salam buat kawan-kawan di KISARAN……..
    Indra….Tahmid…..Muis……Mak Ulong…..Awang
    Simpekor…..apa kabar semua…………………

    Monon tambahan data untuk Potensi yang lain :
    1. Potensi sungai Sei Silau
    2. Potensi Pendidikan Perguruan tinggi UNA & AL ULUM,dll
    3. Tugu Perjuangan di tengah kota KISARAN
    4. Mesjid Agung Jl.Sm.Raja
    5. Wisata Bukit Katarina
    6. Rumah Sakit KATARINA
    7. Komplek 126
    8. Kebun Durian TAMBE sekitar jalur sungai Sei Silau
    9. Transportasi GETEK yang menghubungkan Desa Mutiara ke Pama
    10. Stadion Bola ” MUTIARA ”
    11. dll

    Wassalam
    Mdn 20030
    Akr6675Center

  5. faisal pada Tue, 31st Mar 2009 18:09 

    terimakasih banyak sudaro, atas imformasi tentang Asahan..

  6. linda wahyu pada Wed, 1st Apr 2009 12:43 

    asahan is the best….
    but tolong perhatikan kami yang tinggal di perantauan sebagai putra daerah yang menuntut ilmu di rantau..
    tolong ya pak bupati…
    jgan cuma orang – orang tertentu aza yag di lihat…

  7. Husni Thamrin pada Fri, 24th Apr 2009 21:07 

    Wakakakakakakak……

    Asahan ya… tentunya kabupaten yang keren sekali. Membuat aku rindu dan ingin selalu dekat dengannya… salam mahasiswa UNAND-Padang asal asahan buat kabupaten tercinta…

    Unik sih… tiap Idul Fitri, yang rame pasti bukit katarina. Gak bukit alami sih… hanya tanah gundukan. tapi, ramenya minta ampun… gak terbayang deh kok bisa seperti itu antusiasnya masyarakt asahan kalo udah berkunjung ke bukit katarina tiap idul fitri. tradisi kale…

    JJS.. alias jalan – jalan sore. ini adalah rutinitas baru yang udah berkembang 5 tahun terakhir ini. anak2 muda jalan pake kereta keliling kota kisaran. ngabisi minyak dan yang diliat itu2 aja. makin lama makin rame deh. terakhir aku pulang, rutinitas itu masih juga berjalan.

    Tapi, ada yang menyedihkan…
    Tolong ya pak Polres Asahan beserta jajarannya. Coz, terakhir saya pulang, kayaknya judi dah mulai merajalela lagi. Ya moga ditanggapi sih. karena asahan itu kerennya minta ampun, sayang bangat bila kerennya bercampur kriminalitas yang tinggi.

    Hidup Asahanku. 2010 saat pemilihan Bupati nanti, moga aja lahir pemimpin yang lebih mencintai rakyatnya. Majulah Asahanku, Harapan itu Tetap Ada !!1

  8. Abdul Halim pada Sat, 2nd May 2009 11:28 

    Kejuaraan Arung jeram 2008 adalah kejuaraan yg paling menyedihkan. Sebuah contoh utk anggaran tahunan yg harus dikeluarkan secara terburu-buru. Promosi utk kejuaraan internasional baru keluar 2 minggu sebelum hari besar, – sangat tidak profesional. Kejuaraan dibuat pas waktu puncak musim hujan sampai sungai tidak bisa digunakan utk kejuaraan karena terlalu berbahaya.
    Kegiatan yg dikelolah seperti itu cuma buan anggaran –
    Sayam sekali karena sungai Asahan memang merupakan medan arung jeram yg luar biasa, salah satu tempat kelas dunia.

    Maunya pemerintah SUMUT ambil sikap yg jelas: mau apa, PLTA Asahan III atau kegiatan ekowisata sepertiarung jeram ? kalau jadi dibangun ASAHAN III dengan sistem ‘run-over-river’ berarti semua jeram di sungai akan hilang, arung jeram tidak mungkin lagi.
    Untung saja sampai sekarang tidak ada satupun investor yg tahan lama. ASAHAN III sudah lama dijanjikan tetapi begitu hadapi korupsi dan birokrasi di SUMUT investor cepat lari…

    demikian masih ada harapan kita masih sering dapat arung jeram di sungai Asahan…

  9. ganda pada Sun, 17th May 2009 13:14 

    gw anak asahan
    diperantauan

  10. muhammad nasir pada Wed, 27th May 2009 12:31 

    udah lamo aku merantau,kenapo asahan tidak maju,malah semakin sulit,wahai sanak sudaro,aku menghimbau,terutamo yang lah sarjano jangan mikir jadi anggota dewan,jadi PNS atau buka LSM,cuba awak merantau 10 tahun keluar dari asahan,pasti setalah 10 tahun hidup kita akan berubah,kita harus bisa hidup dinegeri orang.aku anak kisaran,dekat mesjid raya kisaran,lulusan Universitas asahan angkatan kedua 1992,sekarang lagi mengelola bisnis Franchise pendidikan di Propinsi Jawa tengah.tamatan SMEA Negeri Kisaran thn 1985,SMP Negeri 3 tahun 1982.salam kenal

  11. rinto simangunsong pada Mon, 22nd Jun 2009 2:07 

    marilah kita bersama2 memajukan kab. asahan ini supaya tidak ketinggalan dengan memberikan dorongan perubahan yang positif kepada masyarakat.

  12. Mukhlis pada Tue, 7th Jul 2009 5:43 

    Salam kenal

  13. erbajaya pada Fri, 24th Jul 2009 11:26 

    Salam kenal !

    Saya baca sekilas tentang kabupaten Asahan, dan nampaknya Arung Jeram disana akan dijadikan maskot obyek wisata, saya sangat mendukung sekali demi kemajuan daerah Asahan, jangan sampai ketinggalan dengan wilayah lain yang sudah ada lebih dulu arung jeramnya

    Ayo promosikan Arung Jeram Asahan, InsyaAllah saya juga akan vacation kesana !!!

    Salam Sukses dari saya
    Erbajaya, Wong Palembang

  14. eko pada Tue, 28th Jul 2009 22:18 

    wah???? hebat y?? negara kita yang penuh dengan kebudayaan???

  15. Seputar Asahan pada Fri, 21st Aug 2009 22:05 

    Asahan memang punya banyak potensi, tetapi tidak digarap dengan baik oleh pemerintah. Anda punya artikel berisi kritik membangun untuk Kabupaten Asahan? Silakan kirim ke: [email protected] Atau ingin mengulas dan memberi komentar terhadap artikel tentang Asahan? silakan kunjungi blog kami di http://seputar-asahan.blogspot.com Blog masih sangat muda belia, mohon masukan dan saran untuk pengembangannya ke depan.

    Salam
    Seputar Asahan

  16. jibril pada Thu, 24th Sep 2009 23:03 

    tolong donk berikan informasi lowongan kerja yang sesuai dengan pendidikan terakhir saya. saya Jibril, tinggal di Medan dan alumni dari Fakultas Pertanian UsU Program study teknologi hasil pertanian 2003. saya ingin sekali bekerja di perkebunan di daerah kabupaten Asahan dan ingin mengembangkan ilmu saya untuk kemajuan Kabupaten Asahan. makasi ya…….???

  17. Daniel Budi Syusnadi pada Tue, 10th Nov 2009 15:20 

    salam lekom,

    aku anak kisaran tamatan SMA diponegoro stambuk 1994
    kota kisaran penuh dengan misteri dan kebohongan nasib..nasib

  18. frans Manurung pada Thu, 3rd Dec 2009 13:55 

    Pemkab Asahan jangan hanya umbar jnji saja,

  19. Raudatul Akmalia pada Fri, 15th Jan 2010 11:13 

    Asahan, diprtHnkn susah, ditinggLkn eh…ngangenin

  20. KHAIRUL AMRI pada Mon, 15th Mar 2010 17:28 

    MARI SAMA SAMA KITA BENAHI KABUPATEN ASAHAN.

  21. syamsul bahri lubis pada Tue, 13th Apr 2010 20:06 

    sudah saatnya Kisaran jadi Kotamadya, melihat faktor psikologis, PDRB, dan lain2 sudah sangat memenuhi syarat….moga sukses buat semua yang care.

  22. firma pada Tue, 20th Apr 2010 10:44 

    asahan memang penuh kenangan… sekaligus intrik …
    sayang pemimpinnya banyak yang rakus harta, jabatan dan kekuasaan tanpa memikirkan nasib rakyat kecil yang menderita..

    jabatan harus dibayar dan pake target…
    bagaimana kepala dinas gak korupsi ???
    karena dia untuk pegang jabatan harus pinjam sana pinjam sini pake uang inang – inag dengan bunga tinggi…
    kalo sudah begini, kapan membangunnya….
    yang ada diotak pejabatnya ya pasti mau balik modal n korupsi la coy

  23. lubis pada Mon, 26th Apr 2010 21:52 

    coba anda kunjungi kisarankotaku.blogspot.com

  24. delfi hari susanto pada Sat, 22nd May 2010 23:18 

    Kira-kira potensi bidang apa yang cocok dikembangkan di Kab. Asahan..,?

  25. irfanafandi pada Sat, 11th Sep 2010 22:11 

    saya bangga jadi putra daera asahan…..

  26. Herman Akbar pada Wed, 29th Sep 2010 12:19 

    Saya telah melihat di Desa Perbanguan Kecamtan Sei.Kepayang ada terpampang Plang disan tertulis ada 6000 Hektar lebih tanah PT.Palm dan juga saya mencermati hanya sebagian yang ditanami kelapa sawit sedangkan sebagiannya lagi ditelantarkan begitu saja sementara banyak rakayat miskin disana yang belum memiliki tanah.ini sangat kejam dan sangat monopoli inilah contoh warisan kolonialisme yang dibudayakan orang-orang sesat di indonesia.

  27. wahyoeiriansyah pada Thu, 11th Nov 2010 1:17 

    asahan is the best.,,

  28. asahan comunniti pada Sun, 16th Jan 2011 23:11 

    selamat bergabung…. di blogger air joman-asahan sumut

  29. karang taruna rahuning pada Fri, 25th Feb 2011 14:21 

    segala potensi sdh ada di asahan. tinggal bagaimana mengelolanya.
    Ingin perluasa areal sawah buka di sei kepayang, pulau rakyat, segala jenis batu dan hasil bumi yg masih terpendam ada di bdr pulau-aek songsongan, minyak bumi ada di aek kuasan-aek ledong, perikanan ada di tanjung balai, sei silau, air joman, peternakan ada di air batu-sei dadap-buntu pane, kakao ada di air joman-air batu, sawah permanen ada di Rawang-meranti, Industri Tahu tempe ada di pulau rakyat-kisaran-simpang empat,kelapa sawit, kelapa ada di bdr pulau-aek songsongan-rahuning-sei kepayang-pl rakyat-air batu- bdr psr mandoge, potensi air diaek songsongan-bdr pulau, gula aren di pulau rakyat, dan masih banyak lag yg lain, tinggal yang perlu cara mengelola, sarana prasarana jalan. mari kita bangun asahan yg kita cintai ini dengan penuh rasa tanggung jawab dan keikhlasan.

  30. karang taruna rahuning pada Fri, 25th Feb 2011 14:24 

    industri sepatu ada di bunut kisaran

  31. apek pada Sat, 26th Mar 2011 10:51 

    asahan yang kaya, banyak hasil perkebunan,laut dll tapi pemiliknya bukan orang asahan. contoh : bakri, spr,banyak lagi, capek deh mikirin.

  32. abdul rohman pada Wed, 13th Apr 2011 23:13 

    asahan memang bagus. tapi kita sendiri harus bangga pada produ2 dalam negri seperti ukiran lambang garuda

  33. suyatni pada Wed, 11th May 2011 0:23 

    asahan memang best is the best

  34. suyatni pada Wed, 11th May 2011 0:24 

    klo mo kunjung ke air joman singgahlah ke air joman asahan

  35. suyatni pada Wed, 11th May 2011 0:25 

    jangan lupa kunjungi website saya,http://suyatnidewi.blogspot.com/

  36. sutra cahyady pada Thu, 26th May 2011 10:58 

    jaya asahan

  37. fatta pada Tue, 4th Oct 2011 19:14 

    asahan yang terbaik…

    … tuk membuat pengangguran

  38. budi marpaung pada Sat, 15th Oct 2011 20:26 

    wah….bgus x nea,,, lenkap deh tgas q..
    trims y….. mga smwny dblas ma yg d atas
    amin

  39. amril syuhada simamora pada Wed, 29th Feb 2012 10:09 

    Salam kenal buat rakyat asahan,jgn pernah tuk melupakan asahan karna kab ini mempunyai bnyak rahasia yg blum di ketahui rakyat indonesia,dan jgn se z” memandang kota asahan sebelah mata,dan saya brharap selaku warga asahan ingin mlihat kota kelahiran sayamaju sprti kota lainnya,banyak putra-putri asahan dpat brsaing d kancah nasional maupun intrnasional baik dlam segala aspek kehidupan yg bernuansa positif,maaf sebelumnya sprti saya mampu brsaing dr putra kota lainnya dlm hal pengalaman krja,baik mlai dr aceh,medan,pakanbaru,padang,jambi,palembang,bengkulu,lampung,jember,yogyakarta,bandung,jakarta,kalimantan dan sulawesi,klau blom yakin buktikan aja,putra-putri asahan selalu terdepan baik ilmu,pengalaman maupun skill,info hub email saya [email protected] atau di 087894738999,085357529888.

  40. amrl syuhada simamora pada Wed, 29th Feb 2012 10:42 

    Mohon kpada bpak gub/waka,bup/waka dan unsur muspida lainnya,cobalah mulai merancang strategi”yg brmanfaat tuk memajukan kab asahan krna menurut saya tuk 5,10 tahun kedepan kota medan akan semkin pdat sprti jakarta dan kota lainnya,jd hrus sedini mungkin memikirkan tuk bersaing dlam kemajuan dunia iptek,teknologi dan lainnya tanpa hrus mengkandangkan pmikiran putra-putri asahan dlam pelaksanaan nantinya,lihat kab asahan mulai d knal msyarakat luas baik nas maupun internsional dengan pariwisata,perkebunan dan lainnya,jd jgn hanya menguras hasil dan melupakan begitu saja seperti yg saya amati selam10 terakhir,pengangguran meningkat,low kerja d prsempit buat putra daerah,kriminal meningkat dan lainnya,dan saya himbau kpda putra-putri asahan jgn trlelap dgn pndangan yg ada d dpan klian,berpikir,berbuat,bertindak dlam hal yg positif sprti saat ini d lakukan bpak kapolres asahan. (AKBP POL MARZUKI)membuat dan mempersempit ruang bagi pelaku kriminal dan membuat kegiatan yg positiff.mari sama” kita lnjutkan perjuangan beliau melalui organisasi kepemudaan,polmas dan lainnya,dan lebih bgus d tingkatkan lgi dan lakukan mediasi terhadap instansi pemerintahan,kepemudaan dan organisasi lainnya yg mendukung,salam dri saa buat bpak bupati dan wabup,saya rakyat asahan yg merantau d kota yg lebih jaumaju dan saya siap memberikan ide” yg positif demi majunya kota asahan.

  41. muhammad kadri pada Thu, 3rd May 2012 23:12 

    Potensi asahan dari sumber alam dan sumber manusia cukup menjanjikan , hal yang terpenting bagaimana pihak legislasi dan eksekutif dapat menetapkan perda tentang lingkungan , badan pengelolah pusat pasar daerah , badan pembangunan kawasan wisata arung jeram , badan pengelolah potensi daerah ,yang di akomodir dalam satu tatanan pemberdayaan sumber daya manusia lokal yang dapat memberikan kontribusi kedapan bagi pendapatan daerah , selamat bekerja ……

  42. Dede Hernowo pada Tue, 5th Jun 2012 5:26 

    sya merasa bangga sbagai Pemuda asli Asahan,,,

    bapak-bpak PEMKAB. ASAHAN,,
    perhatikan kmi mahasiswa2 yang kuliah di luar kota,,

    mudah2an ASAHAN lbih maju lgi..

  43. AMIR ARITONANG pada Tue, 6th Nov 2012 4:56 

    ASAHAN memang punya POTENSI yang terbaik, tapi harus dikelola dengan cara-cara yang TERBAIK untuk kepentingan RAKYAT ASAHAN, JANGAN untuk sekelompok orang saja. Marilah kita bahu membahu MEMBANGUN ASAHAN, termasuk anak2 yang Ada diperantauan harus memikirkan KEMAJUAN WILAYAH ASAHAN. JAYALAH TERUS ASAHAN DAN SEMUA PEMIMPIN DAN MASYARAKATNYA. GBU ALL

  44. dwi manurung pada Thu, 21st Feb 2013 12:38 

    aku bangga jd anak asahan

Sampaikan pikiran anda...
dan jika anda ingin menampilkan gambar diri anda, silahkan gunakan gravatar!