Sindikasi: Subscribe to Blogger SUMUTBeritaSubscribe to Blogger SUMUTKomentar

Manfaat Dari Kebiasaan Minum Kopi

April 12, 2009 oleh  
Tersimpan pada Gaya Hidup

Secangkir kopi bagi saya adalah sebuah awal dari segalanya. Bukan berlebihan atau mengada-ada, tapi memang sejak dulu saya bisa dikatakan maniak terhadap jenis minuman yang satu ini. Dalam sehari mungkin saya bisa menghabiskan bergelas-gelas kopi, pagi, siang, sore, dan malam hari. Iseng-iseng saya mencari artikel tentang beberapa manfaat kopi untuk kesehatan, tentu saja ini mungkin bisa dikatakan hanya sebuah retorika pembelaan diri. Tapi saya pikir ini patut kita ketahui juga dan menjadi pengetahuan yang mungkin suatu saat akan bermanfaat.

Berikut beberapa point dan manfaat dari secangkir minuman yang bernama kopi, yang berhasil saya rangkum dari berbagai sumber :

  1. Delapan puluh persen orang dewasa di dunia minum kopi sedikitnya sekali sehari. Wow, saya banyak temannya! ;)
  2. Kafein yang terkandung didalam kopi adalah zat kimia yang berasal dari tanaman yang dapat menstimulasi otak dan sistem saraf. Kafein tergolong jenis alkaloid yang juga dikenal sebagai trimetilsantin. Selain pada kopi, kafein juga banyak ditemukan dalam minuman teh, cola, coklat, minuman berenergi (energy drink), cokelat, maupun obat-obatan.
  3. Kafein membantu Anda untuk bisa berpikir lebih cepat. Cobalah mengkonsumsi kopi atau teh 15 menit atau 30 menit sebelum Anda melakukan wawancara pekerjaan atau memberikan presentasi pada atasan. Hasilnya mungkin akan cukup lumayan, karena kafein yang terdapat pada kopi atau teh terbukti mampu memberikan ’sinyal’ pada otak untuk lebih cepat merespon dan dengan tangkas mengolah memori pada otak.
  4. Kafein mencegah gigi berlubang. Cobalah untuk meminum secangkir kopi hangat atau teh hangat sesaat setelah Anda mengkonsumsi cookies, cake coklat yang lezat, permen rasa buah atau sepotong roti manis. Joe Vinson, Ph.D., dari University of Scranton menjelaskan bahwa kafein yang terdapat dalam minuman ini ternyata sangat tangguh memberantas bakteri penyebab gigi berlubang.
  5. Kafein mengurangi derita sakit kepala. Penelitian menemukan kafein yang terdapat dalam kopi atau teh (dalam jumlah tertentu) sanggup menolong mengobati sakit kepala. Menurut Seimur Diamond, M.D., dari Chicago’s Diamond Headache Clinic. Penderita migrain dalam kategori ringan dapat disembuhkan dengan secangkir kopi pekat atau secangkir black tea. Jadi, sebelum mengkonsumsi obat cobalah dulu sembuhkan sakit kepala Anda dengan minuman berkafein.
  6. Kafein bisa melegakan napas penderita asma dengan cara melebarkan saluran bronkial yang menghubungkan kerongkongan dengan paru.
  7. Kafein dapat membuat badan tidak cepat lelah, bisa melakukan aktifitas fisik lebih lama, di perkirakan karena kafein membuat “bahan bakar” yang dipakai otot lebih lama.
  8. Kafein bisa meningkatkan rasa riang, membuat kita merasa lebih segar dan energik.
  9. Perempuan yang minum dua cangkir kopi atau lebih per hari dapat mengurangi risiko terkena pengeroposan tulang (osteoporosis).
  10. Kopi dapat meningkatkan penampilan mental dan memori karena kopi dapat merangsang banyak daerah dalam otak yang dapat mengatur tetap terjaga, rangsangan, mood dan konsentrasi. Penelitian di Universitas Arizona ditemukan bahwa orang dewasa yang minum kopi sebelum test memori menunjukkan perkembangan yang signifikan dibanding mereka yang minum kopi tanpa kafein.
  11. Kafein dapat menangkal radikal bebas dan menghancurkan molekul yang dapat merusak sel DNA.
  12. Kafein juga melindungi jantung dan kanker.
  13. Untuk mengurangi risiko pengidapan diabetes mulailah meminum kopi. Seseorang yang minum kopi lebih dari enam cangkir sehari berisiko rendah terserang diabetes dibanding dengan orang yang tidak minum kopi sama sekali. Demikian simpulan sebuah riset skala besar yang dilakukan pada 80 ribu orang selama 18 tahun di AS.
  14. Parkinson jarang ditemukan pada orang yang minum kopi secara teratur. Sebuah riset menyimpulkan penyakit ini justru ditemukan pada pria yang tidak minum kopi tiga kali lebih banyak daripada pria penikmat kopi.
  15. Minum kopi membuat sperma “berenang” lebih cepat dan mampu meningkatkan kesuburan pria. Hal ini diumumkan para ilmuwan Brasil dalam pertemuan “American Society for Reproductive Medicine” di San Antonio, dimana pembicaraan utama berkisar pada efek obat-obatan terhadap kesuburankaum adam.

Banyak bukan manfaatnya? Jadi mengapa anda tidak mulai mengawali hari-hari anda dengan secangkir kopi? :-D

Sumber : detikhealth, cyberman, solusisehat, alatkesehatan dan waspada

Tentang alibaba
http://www.blogali.tk http://www.king-ali.tk
Blog: http://alibaba180678.blogspot.com

Komentar

36 Komentar untuk tulisan "Manfaat Dari Kebiasaan Minum Kopi"

  1. Defrianto Chaniago pada Wed, 22nd Apr 2009 18:38 

    boleh jg neh info,
    aq jg lebih senang minum kopi dari pada minum teh.

  2. vinensia pada Sun, 26th Apr 2009 22:39 

    Kopi juga bisa membuat wanita lebih bergairah dalam hubungan sex lho. Nah, ini yang patut dicoba, daripada minum obat mendingan minum yang lebih alami kan….. Di sini informasi selengkapnya http://coffee.vinensia.com/2009/04/ward-off-stroke-by-drink-coffee.html

  3. eka dana prasetiya pada Tue, 5th May 2009 14:03 

    makasih ya…………aku jadi seneng minum kopi ni…..
    Mau nanya ni,Apa kopi bisa membuat orang awet muda,krn aku liat di tv beegitu?

  4. Togar Lubis pada Wed, 6th May 2009 14:46 

    saya pecandu berat kopi. tapi setahun lalu dokter sarankan agar saya jangan lagi minum kopi karena katanya lambung saya tidak tahan.

  5. yeti pada Tue, 2nd Jun 2009 14:39 

    suka sich..tapi takut darah tinggi.btw, makacih infonya!

  6. cunyong pada Sun, 16th Aug 2009 0:22 

    apakah pada penderita alzheimer..dgn meminum kopi setiap hari akan membantu para penderita alzheimer utk dapat meningkatkan daya pikir mereka ?terima kasih sebelumnya..

  7. Irvania Te' pada Sun, 23rd Aug 2009 12:36 

    Saya seorang wanita penikmat kopi.Hidup saya bebas asap rokok,tapi tidak bisa hidup tanpa kopi.Segala jenis kopi,mulai dari kopi hitam yg standar sampai yg dibuat segala rupa.

  8. ARI WAHYUDI pada Fri, 4th Sep 2009 15:35 

    I can live without copy……….wadduh emang susah buat saya kalau harus berhenti ngopi, kalau berenti merokok saya rasa saya masih sanggup, tapi kalo kopi wadduh jangan deh..tapi saya bukan pecandu kopi kok, karna saya minum kopi cukup 1 gelas aja tiap hari..WAJIB

  9. sri wuryanti pada Tue, 22nd Sep 2009 11:06 

    saya memang suka kopi, di rumah atau pun di kantor. tadinya suami dan anak-anak melarang saya untuk minum kopi… eh tadi pagi waktu saya bikin kopi suami senyum-senyum sambil bilang “aku tahu kenapa wanita suka minum kopi” saya sendiri penasaran kenapa? sama suami suru buka informasi “Manfaat wanita minum kopi” di internet. dan aku lega!! ternyata ga segawat yang aku dan mereka khawatirkan, karena aku sangat suka kopi tp tidak kecanduan kok!

  10. sri wuryanti pada Tue, 22nd Sep 2009 11:22 

    minum kopi juga bermanfaat untuk mengobati tekanan darah rendah, disentri, dan keracunan makanan.

  11. Nyubi pada Tue, 6th Oct 2009 12:07 

    Manfaat lain yaitu teman begadang :)

  12. AAN KURNIASIH pada Thu, 8th Oct 2009 13:36 

    Saya ada sedikit pengalaman,waktu itu asma saya lagi kumat,tak sengaja saya minum kopi satu gelas beberapa menit kemudian nafas saya agak plong,saya penasaran minum lagi satu gelas,nafas saya tambah plong.Dari situ tiap kali asma saya kambuh saya minum kopi dan ternyata setelah baca beberapa artikel ada manfaat kopi diantaranya mengurangi sesak nafas pada penderita asma.Sampai sekarang saya tidak bisa lepas dari miuman kopi.

  13. khusnan harianto pada Tue, 20th Oct 2009 20:36 

    saya ingin membuat tugas akhir (skripsi) tentang kebiasaan remaja sekarang yang hobi begadang dan ngopi, tolong kasih pendapat bagi kesehatannya, dan buku apa yang saya gunakan untuk referensinya

  14. Laurensia pada Tue, 10th Nov 2009 14:16 

    Yes i can’t life without coffe.bangun pagi sblm aktifitas minum kopi adl wajib bg aku.smpe2 aku dpt julukan generasi of mbah surip.cr menikmati kopi yg paling asyik…pd jam 5 pagi,di daerah pegunungan di pinggir kebun kopi yg sdg berbunga,aroma kopi panas dipadu dng semerbak wanginya bunga kopi,oh…my god…exotic…itu pengalaman tak terlupakan di pedalaman lampung…i lov coffe

  15. Ika pada Mon, 30th Nov 2009 20:50 

    bagus bgt ni info, soalnya kopi buat gw bukan cuma dibuat minum aja. Serbuknya juga gw cemilin. pokoknya gw addict bgt sama yg namanya kopi.
    Thanx a lot buat infonya

  16. kabayan pada Thu, 4th Mar 2010 12:21 

    MAKACIH INFO-NYA, MULAI CEKALANG AKU AKAN MINUM KOPI, HE…HE…….HE……..

  17. irvan pada Sat, 27th Mar 2010 9:19 

    hatur nuhun kana infona… kopi kanggo abdi mah ibaratken kabogoh soalna kanggo abdi mah kabogoh atawa bobogohan kudu jeung wajib pendak unggal dinten… tah kopi oge kitu kanggo abdi mah tiap dinten kedah mendak paling saalit 2 gelas…. kanggo abdi pribadi eta mah…

  18. dinda pada Sat, 1st May 2010 13:18 

    wah…. makasih ya infonya

  19. Nova pada Fri, 28th May 2010 8:52 

    Emang benar,kafein yang terkandung dalam kopi bisa meningkatkan kebugaran buat badan kita lebih tambah segar & bisa membasmi bakteri yang merusak gigi kita.
    Mulailah minum kopi sekarang karena kopi bermanfaat banyak untuk kita. OK

  20. dealer pulsa pada Fri, 3rd Sep 2010 17:18 

    kira-kira kopi juga bisa untuk memprhalus kulit ga yaaaa

  21. Lee pada Sat, 9th Oct 2010 19:07 

    aku pemula ni dalam minum kopi… kbetulan aku mau menghadapi ujian semester bentar lagi… so aku butuh banyak melek buat baca buku… tapi by the way ada efek samping negatif gag buat otak…..????

  22. Ijoel pada Mon, 29th Nov 2010 13:12 

    Yomaan!

  23. abi manda pada Mon, 14th Mar 2011 10:34 

    saya termasuk orang yang tidak suka kopi, namun ada beberapa saran dari teman, bahwa kopi banyak manfaatnya jika diminum tidak berlebihan, meminum kopi minimal satu gelas dalam sehari maksimal 3 gelas dalam sehari, membuat fresh, mulai sejak inilah saya mencoba untuk meminum minuman yang berwarna hitam ini. mudah-mudahan bermanfaat info yang dituliskan diatas……….SELAMAT MEMINUM KOPI……….

  24. sulis pada Sat, 19th Mar 2011 10:58 

    ‘Saya suka minum kopi dan menurut aku kopi lebih enak dari teh, setiap aku habis minum kopi badan ku selalu segar dan fres tadinya aku ‘gak minat minum kopi soalnya kebanyakan cowok yg minum kopi, aku pikir kopi memang minuman untuk pria dari situalah aku penasaran sama kopi dan akhirnya kopi punya bokap gue diminum sama gue dan akhirnya aku ketagihan setiap bapak ku dibuatkan kopi sama nyokap aku selalu meminumnya diam-diam sampe bokap gue heran kenapa ya kopi saya kok cepet banget habis, dan sampe akhirnya gue bikin sendiri kopi minimal 1 x sehari, selesai deh cerita pengalaman ku minum kopi.
    selamat mencoba

  25. Agustinus pada Sun, 8th May 2011 12:38 

    Kopi adalah teman sehari-hariku. Rasanya sangat sulit untuk memisahkan diri dari kopi ini. Begitu banyak manfaat dari minum kopi, salah satunya adalah sebagai teman relaksasi ketika seharian capai bekerja…

  26. Momogi pada Mon, 13th Jun 2011 11:39 

    Ternyata banyak ya manfaatnya. Pantes disini ada kopi juga :)

  27. Alwarid pada Sat, 23rd Jul 2011 8:48 

    Memang ia ! Kopi
    bisa menghilangkan
    pusing2 pada saat
    di perjalanan atau
    di mn saja qt bera
    da.

  28. kopi rasa buah pada Tue, 2nd Aug 2011 17:18 

    emang kopi banyak manfaatnya.. dan juga bisa di racik menjadi rasa-rasa yang unik.. ente2 udah pernah coba kopi rasa buah? cobain di sini gan kopiunik.com

  29. jony brewok pada Tue, 9th Aug 2011 2:22 

    kopi bagi saya adalah teman yang selalu setia…..tiap hari habis kerja minum kopi terasa fresh lagi….salam kenal bwat semua yang seneg minum kopi,,,

  30. alwi pada Fri, 9th Sep 2011 0:14 

    tewas semua acra2x tanpa kopi hancur lebur dahhh klu g d si hitam ajaib

  31. kopi pada Sun, 2nd Oct 2011 21:46 

    Ah? ngga nyangka ya efek kopi bisa sampai ke mental…

    mungkin tergantung faktor kondisi psikis seseorang juga kali ya

  32. joy pada Sat, 29th Oct 2011 13:20 

    ajib…..azib….

  33. kang mas dhono pada Thu, 8th Dec 2011 21:05 

    aq slah satu penggila kopi tapi baru ini aq tau betapa bermanfaat kopi tuk tubuh qita MTNGOPI TUK SMUA

  34. facebook.com/notdeath pada Sat, 7th Jan 2012 13:39 

    Hidup kopi!
    “secangkir semangat untuk begadang”

  35. Bironk pada Sun, 13th May 2012 15:31 

    Wow info manfaat kopi nya mantap neh…Thanks ya…

  36. hendra pada Mon, 13th May 2013 15:21 

    Keluhan minum kopi seperti jantung berdebar, pusing, mual, kembung, buang air kecil tercium aroma kopi. Tips ini dapat membantu Anda untuk menghindari keluhan tersebut: 1. Aroma kopi jangan menusuk tajam ke hidung. 2.Bagi perokok dapat merasakan, bila rokok dihisap asapnya menjadi lembut. 3.Bila kopi diminum, badan terasa rileks / enteng. Contoh: bila mencium aroma bunga asli wanginya tidak menusuk tajam ke hidung (bersifat alami)

Sampaikan pikiran anda...
dan jika anda ingin menampilkan gambar diri anda, silahkan gunakan gravatar!