Sindikasi: Subscribe to Blogger SUMUTBeritaSubscribe to Blogger SUMUTKomentar

Tour Jelajah, Bukit Kapur Kawah Dolok Tinggi Raja

October 10, 2011 oleh  
Tersimpan pada Potensi dan Pariwisata

Hari minggu tanggal 11 September 2011, saya bersama sekitar 35 orang lainnya melakukan perjalanan ke Bukit Kapur Tinggi Raja di Kabupaten Simalungun. Seluruh rombongan berkumpul di Stadion Teladan Medan jam 6 pagi sekalian sarapan bersama. Perjalanan itu sendiri dimulai sekitar jam 8 pagi yang dimulai dengan sesi foto bersama. Ngitungin kendaraan yang akan berangkat, ternyata jumlah kendaraan yang berangkat ada 19 kereta (kereta = motor) dan 1 mobil offroad untuk mengangkut logistik. Sebenarnya peserta yang mendaftar cukup banyak, namun pada hari H banyak yang tidak bisa ikut pergi karena satu dan lain hal.

Bukit Kapur Tinggi Raja ditempuh dengan perjalanan sekitar 3-4 jam perjalanan dari kota Medan dengan kecepatan rata-rata 40-50 km/jam. Saya bersama rombongan sampai di lokasi tepat jam 12 siang setelah ada beberapa insiden kecil dijalan seperti ada beberapa orang yang terpisah dari rombongan, itu wajar dalam perjalanan panjang. Perjalanan ini dipimpin oleh Bang Yovie dari Tim Jelajah Sumut yang memang hobinya nyari lokasi-lokasi wisata di Sumut yang masih segar (belum terekspose secara luas). Jalur yang dilewati beragam, ada jalur mulus, jalur sedikit berbatu, sampai jalur ekstreme yang khusus untuk kendaraan adventure. Rombongan ini sendiri malah banyak yang pakai motor bebek dan matic, walhasil cukup menguras tenaga untuk melewati jalur-jalur ekstreme tadi.

Bukit Kapur Tinggi Raja

Perjalanan yang melelahkan langsung terbayar setelah melihat ciptaan Tuhan yang begitu indahnya. Unik, cantik, keren dan apapun itu membuat saya takjub dengan keindahan alam ini. Saya tidak bisa menggambarkan bagaimana keindahan Bukit Kapur Tinggi Raja itu sendiri, silahkan lihat koleksi photo yang saya minta dari Christina dan photo-photo yang saya miliki untuk menilainya.

Dilokasi ini terdapat 2 objek wisata yang bisa didatangi sekaligus, karena jarak antar keduanya yang tidak berjauhan. Disisi atas ada bukit kapur yang seperti salju dengan kawah air panasnya dan disebelah bawah ada aliran sungai dingin tapi masih ada bukit kapurnya yang mengaliri air panas. Dibeberapa titik kita akan mendapati air yang panas dingin, karena tetesan air panas dari bukit yang jatuh ke aliran air sungai. Menurut “si Mbah” sang juru kunci, ternyata lokasi ini dulunya sempat akan dijadikan wisata cagar alam. Tapi Mbah dan warga sekitar tidak mengizinkan karena akan ada pengrusakan hutan dalam proses pengembangan itu.

Yang cukup disayangkan adalah jalur yang sagat ekstreme menuju lokasi ini. Mungkin ini yang membuat orang-orang enggan datang karena tidak mau ambil resiko. Si Mbah sendiri mengatakan bahwa Bupati yang saat ini memimpin disana sudah 3 kali berkunjung dan si Mbah sangat berharap adanya pembangunan dari hasil tinjauan Bapak Bupati itu. Menurut saya, lokasi ini jika didukung dengan infrastruktur jalan yang bagus akan menjadi objek wisata yang ramai dikunjungi dan otomatis dapat membantu pendapatan warga desa sekitar yang hanya sekitar 70 rumah saja didalamnya termasuk rumah si Mbah.

Bukit Kapur Tinggi Raja

Opung Saragih, penjaga lokasi

Semoga ada perhatian dari pemerintah untuk melakukan pengembangan objek wisata yang ada di Sumut ini. Karena sangat banyak potensi alam di Sumut yang masih sangat segar dan belum tersentuh.

Bukit Kapur Tinggi Raja

Salju Panas

 

Bukit Kapur Tinggi Raja

Kayak Salju kan?

Lihat foto lain di Tinggi Raja

Untuk mencapai lokasi kawasan konservasi ini, ada dua alternatif perjalanan darat yang bisa ditempuh, yaitu :
1) Medan – Lubuk Pakam – Tebing Tinggi – Dolok Tinggi Raja, dengan jarak 110 km atau waktu tempuh 3 jam perjalanan.
2) Medan – Lubuk Pakam – Galang – Dolok Masihul – Dolok Tinggi Raja, dengan jarak 97 km atau waktu tempuh yang hampir sama dengan alternatif di atas.

Tentang dinneno
Din Afriansyah (@dinneno) blogger asal Kota Medan yang ingin berkontribusi untuk Sumatera Utara dengan segala kemampuan yang dimiliki.
Blog: http://dinneno.my.id

Komentar

85 Komentar untuk tulisan "Tour Jelajah, Bukit Kapur Kawah Dolok Tinggi Raja"

  1. nich pada Mon, 10th Oct 2011 17:57 

    omak, paten kali nih tempatnya..
    jadi ingat tempat serupa > Pemandian Air Panas Sipoholon Tarutung :D

  2. indria pada Mon, 5th Dec 2011 18:02 

    waw…. menarik banget….ngomong2 dinas pariwisata provsu tau ngga yah ada tempat ini?….

  3. rezki pada Wed, 7th Dec 2011 14:51 

    mau ikut …..

    menarik sekali untuk di kunjungi…

  4. reza pada Fri, 6th Jan 2012 2:41 

    saya sudah ke tinggi raja 2 hari yg lalu.. hanya berdua dgn tmn saya.. jalan nya memang sangat” extrim, penuh lumpur.!! di luar dari pmikiran kami. tapi kami sangat puas setelah melihat kawah nya.. seperti kawah putih yg ada di bandung,, heheeee (tp bner lo). pgn ke sana gie, tp liad jalan nya, jg males hihiii

  5. mutia pada Fri, 6th Jan 2012 19:13 

    kita backpacker dr jakarta. pengen ksana gmana caranya? kendaraan umum cuma sampai tebing tinggi. ada yg sewa motor gak ya?

  6. dinneno pada Fri, 6th Jan 2012 23:50 

    @Mutia : Gak ada angkutan kesana, kalau mau sewa motor mending nyari dari Medan jangan dari Tebing Tinggi. Kalau ambil jalur via Tebing Tinggi lebih ekstrim dan beresiko walau jarak tempuh lebih hemat 10 km.

  7. mutia pada Sat, 7th Jan 2012 8:54 

    oo gt. Tp kejauhan bawa motor dari medan. Dan kami gak balik medan lg, karena mau lanjut ke pematang siantar. kalau jalan kaki bs gak? bagusnya turun di mana yg paling dekat kalau mau jalan kaki? dan berapa jauh?

  8. keke pada Sat, 7th Jan 2012 9:38 

    Atau mungkin gak ada local guide yg nunjukkin jalannya? Kalo rental mobil atau motor tp gak tau jalannya kan bahaya juga yah..Gmn caranya hub local guide untuk ke sana ya?

  9. dinneno pada Sat, 7th Jan 2012 23:14 

    Jalan kaki? itu jalur perkampungan, tidak ada kendaraan umum masuk kesana. Naik motor aja sekitar 1,5 jam loh dari Kota Galang sampai ke lokasi dengan kondisi hutan atau pepohonan di kiri dan kanan jalan.
    kalau naik motor dari Medan cuma sekitar 3 jam perjalanan melalui jalur Medan – Lubuk Pakam – Galang – Dolok Masihul – Dolok Tinggi Raja. Setelah kota Galang tidak ada lagi masuk kendaraan umum.

  10. mutia pada Sun, 8th Jan 2012 17:12 

    wah.. kyknya kita emg mesti sewa kendaraan dari medan. makasi ya dinneno infonya..

  11. fadli pada Fri, 27th Jan 2012 23:56 

    ada satu jalur lagi, yaitu lewat bangun purba-silindak-tinggi raja.. tp hny bs dgn sepeda motor..

    cat; si mbah namanya opung saragih

  12. fadli pada Sat, 28th Jan 2012 0:03 

    di dkt situ jg ada danau Lapparan, jaraknya kira2 satu KM..
    lihat fotonya di FB saya
    http://www.facebook.com/media/set/?set=a.2284681776862.84428.1843420085&type=1

  13. galii pada Sat, 18th Feb 2012 23:34 

    hmmmm
    ktinggalan bg nie
    kmi uda 10 x ksana???

    air terjun.a uda dapet loem d dsnaa????

  14. sari pada Fri, 24th Feb 2012 11:34 

    subhanallah,indahnya ciptaan Allah.Jadi pingin ke sana,ada gak ya yg bisa kasih petanya.Soalnya saya gak tau jalan sih :p

  15. bosarman pada Sat, 21st Apr 2012 19:51 

    tempat nya sangat indah sekali….tp jalanannya dr negeri dolok ke lokasi..ampun deh,,,,parah amat..tp gue ttp pingin ksana lg.

  16. Rini pada Wed, 25th Apr 2012 14:47 

    gilleee bener cuyy,,,
    cakepp dah pokok’e :D

  17. rahmat siregar pada Tue, 1st May 2012 0:07 

    wah bagus banget
    tanggal 12 gerak terus
    tinggalin no HP nya bg
    yg ud kesana sering2 dunk

  18. putri lia pada Wed, 6th Jun 2012 15:59 

    kalo naek mobil gimna ya??? bisa gak???
    bisa sampe masuk ke dalam wisata bukit kapurnya???
    pleaseee commentnya.. trima kasih^_^
    ^____^

  19. dinneno pada Wed, 6th Jun 2012 22:04 

    Naik mobil bisa masuk dengan menguunakan mobil offroad karena medannya terlalu ekstrem untuk mobil pribadi.

  20. jhony pada Fri, 31st Aug 2012 15:17 

    wah boleh share juga ne untuk berpetualang di sumatera.

    yuk gabung …

    http://www.sumatera-adventure.com
    085275957507-32ddd386

  21. alponso pada Sun, 2nd Sep 2012 12:38 

    Bisa tidak lebih spesifik jalur yang harus dilalui mulai dari tebing tinggi ke lokasi air panas. kira2 berapa lama waktu yang ditempuh dengan menggunakan kendaraan 2?

  22. dinneno pada Tue, 4th Sep 2012 23:29 

    Wah kalau dari Tebing Tinggi itu bisa ke lokasi dalam waktu 2,5-3 jam ambil jalur dari Dolok Masihul.

  23. kecrok pada Wed, 17th Oct 2012 15:37 

    dilestarikan
    bkn dibiarkan

  24. ajiehermawan pada Thu, 18th Oct 2012 8:23 

    Bukit tinggi raja memang indah yg pernah saya liat di bukit yg lain…

  25. sera pada Fri, 16th Nov 2012 6:14 

    mau tanya bisa minta cp klo mau sewa motor dari medan ga? saya dr jakarta soalnya ga tau medan. makasi banyak ya.

  26. Nich pada Fri, 16th Nov 2012 7:10 

    Kalau butuh rental mobil yang handal dan terpercaya, bisa di http://medanrentalmobil.co.id

  27. sity pada Tue, 20th Nov 2012 17:03 

    memang indah tempat wisata yg nie…

    tpi syangnya tidak di lestarikan dan di kembangkan oleh dinas pariwisata……

  28. sity pada Tue, 20th Nov 2012 17:06 

    kalau mau kesana…

    kabari saya aja…
    soalnya saya tinggal di sekitar sana…
    dan keluarga saya bnyak tinggal di daerah ini..

    dan klau seandainya mau rental mobil..
    ortu saya juga merentalkan mobil

  29. sity pada Tue, 20th Nov 2012 17:10 

    nie no saya
    085664066338

  30. Ni'ma Khoirunnisa pada Thu, 10th Jan 2013 11:41 

    kalau dari indrapura kira” berapa jam perjalanan ..
    atau kalau dari tebing tinggi aja berapa jam ?

    masuk ke dalamnya naik mobil bisa ?

    tempatnyaa ga berbahaya kn mbak :)

  31. dinneno pada Thu, 10th Jan 2013 15:09 

    Kalau dari Tebing Tinggi kurang lebih sekitar 2 jam.
    Mobil bisa masuk tapi cuma mobil yang khusus untuk jalur berat (mobil offroad).
    Kondisi jalan cukup ekstrem dan berada di tengah hutan.

  32. Ni'ma Khoirunnisa pada Mon, 14th Jan 2013 21:58 

    oow, makasii yh ,
    masiih buka kn ??

    jadii kalau jln kaki dr t4 parkir mobil
    kira” jalan kakinyaa berapa lamaa ? / brp km ?

    #makasii,
    boleh ksiih tauu akun fb, twitter / PIN ?
    biar tanya” k kmu nya gampang ….

  33. dinneno pada Wed, 16th Jan 2013 3:17 

    Kalau dari tempat parkir menuju bukit kapur cuma sekitar 3-5 menit aja kok. Dan di area parkir bisa langsung masuk ke dalam hutan yang di dalamnya ada sungai dengan pemandangan stalaknit.
    Saya ingatkan lagi, lebih baik menggunakan sepeda motor dari pada menggunakan mobil.

  34. Ni'ma Khoirunnisa pada Sat, 19th Jan 2013 0:14 

    ohh jalan kaki nya deket yh ….
    tapii saya sama temen” naik mobil

    masiih ada aja kn org yg ke situ sampai saat ini, ?
    meskipun t4 nya ga di kembangkan ….

    makasii banyak.

  35. adLin pada Sat, 19th Jan 2013 23:49 

    dimana ya tempat ngerental mobil ofroad ??

  36. dinneno pada Sun, 20th Jan 2013 21:34 

    Dari tempat parkir sih dekat. Kalau mau naik mobil Saya sarankan jangan naik mobil yang tidak spesifik untuk medan ekstrem. Mobil bertipe offroad sangat saya rekomendasikan. Samapai saat ini semakin banyak kok wisatawan yang datang karena semakin banyak juga informasi menuju lokasi Tinggi Raja.

  37. dinneno pada Sun, 20th Jan 2013 21:36 

    Kurang tau dimana tempat rental mobil offroad, mungkin disini tersedia http://rentalmobil.co.id/ silahkan kontak langsung aja.

  38. ridwan pada Tue, 22nd Jan 2013 20:06 

    Bagaimana bisa bagus,klo korupsi merajalela di simalungun.harusnya ini bisa jd tempat wisata,agar turis manca negara bisa dtg dan menambah kesejahteraan rakyat.dan tolong di epriksa kembali agar gunung kapur ini tidak MELEDAK

  39. adLin pada Fri, 25th Jan 2013 3:49 

    ok… makasi om… kaloq camp bisa gak om di situ, ?

  40. dinneno pada Sun, 27th Jan 2013 5:57 

    Kalau camp Saya minta izin dulu deh ke Opung Saragih (penjaga lokasi).

  41. adLin pada Wed, 13th Feb 2013 0:43 

    rada biNGung saMa rute_a ni ….. aDa peta_a gaK Y

  42. Rini pada Wed, 13th Feb 2013 19:02 

    Ini hrs benar2 dijaga, setahu sy endapan kapur ini usianya ratusan tahun. Di Pamukale Turki persis, mereka bs menjaganya, bgmn dgn kita?

  43. adLin pada Fri, 22nd Feb 2013 2:58 

    om, kalok dari pakam, masuknya dari simpang negri dolok ya ????

  44. dinneno pada Sat, 23rd Feb 2013 5:48 

    Dari Pakam masuk ke Galang dulu, baru masuk Dolok Masihul.

  45. adLin pada Fri, 1st Mar 2013 5:21 

    iya om, bukan masuk dari simpang negri dolok tu om? apa terus ke dolok masihul…?

    trus simpang apa nama_a om?

  46. agung pada Thu, 20th Jun 2013 9:47 

    Subhanallah tempatnya seru bgt
    Smalam baru kesana…
    Ada kesan yang tak terlupakan
    Apalagi keindahan tempatnya
    Woowww
    Pengen lagi kesana…

  47. agung pada Thu, 20th Jun 2013 9:53 

    Subhanallah tempatnya seru bgt
    Smalam baru kesana…
    Ada kesan yang tak terlupakan
    Apalagi keindahan tempatnya
    Woowww
    Pengen lagi kesana…
    Kawah air panasnya sudah berpindah tempat…
    Dan subhanallah makin indah tempatnya….

  48. anita samosir pada Tue, 23rd Jul 2013 6:31 

    bg din dah pernah kesana??

  49. dinneno pada Wed, 31st Jul 2013 2:28 

    Udah 3 kali main kesini.

  50. anid pada Wed, 31st Jul 2013 6:09 

    Bg din… klo sekarang jalan kesana masih jelek kah?
    Kesana ga ada angkutan antar kota ya dr medan?

  51. dinneno pada Wed, 31st Jul 2013 22:59 

    Masih jelek akses kesana. Kalau pun jalan kesana diperbaiki, gak akan siap dalam 1 atau 2 tahun. Karena sangat panjang jalannya dan itu di tengah area hutan.
    jalan kesana gak ada angkutan umum selain kendaraan pribadi, dan itupun hanya sepeda motor yang bisa lewat. Kalau mobil harus mobil yang memang khusus untuk jalur ekstreem.

  52. anid pada Tue, 6th Aug 2013 16:58 

    Pengen kesana banget… aku akhir agustus ke medan… pgn traveling kesana… tp ga tau harus pake apa…

  53. tulushutasoit pada Sun, 11th Aug 2013 12:17 

    wah.. aku tinggal dnger aja dulu. ntar klwu jln ny da dibagusin kasih twu ea. hehe

  54. ides pada Mon, 9th Sep 2013 23:14 

    wah, subhanalah indah nya.
    pengen banget kesana tapi kapan ya….
    ntar aja lah liburan akhir tahun rame2

  55. Ibnu haris pada Tue, 17th Sep 2013 6:22 

    Aku baru tgl 15 september kemarin ke tinggi raja.
    Keindahan alamnya itu gk akan tertandingin. Rasa lelah di perjalanan akan hilang setelah sampai di kawah putihnya.
    Dan menurut aku perjalanan ke sana lebih baik melewati jalur medan – lubuk pakam – galang – bangun purba – tinggi raja. Jalan yg rusak kurang lebih hanya 10 KM dari bangun purba ke tinggi raja. Dan batu2 yg di lalui pun tidak begitu besar kalau melewati negeri dolok.

  56. Lina Sajida pada Tue, 17th Sep 2013 17:47 

    hati” penipuan travel berkedok loker, sy sdh menjdi korban, jgn melakukan transfer ATM A/N Eva Yusniar, kecuali A/N perusahaan

  57. indah rahayu lubiis pada Fri, 11th Oct 2013 11:14 

    kalau ban bocor . disana ada tukang tempel ban gak. ??

  58. dinneno pada Mon, 14th Oct 2013 3:54 

    Kalau sudah memasuki kawasan 30 menit menuju lokasi Bukit Kapur tidak ada tukang tempel ban karena daerah itu minim rumah. Tapi sebelum itu ada kok tukang tempel ban. Kalau kehabisan bensin juga gak usah takut, ada warga yang jual bensin ketengan.

  59. muhammad ferdiansyah pada Sun, 20th Oct 2013 14:20 

    Alhamdulillah sudah semapt sujud syukur disana dan foto bareng opung. Kalo mau kesana mending naik sepeda motor, dan lebih deket dari galang kalau datang dari medan

  60. dewisiburian pada Thu, 24th Oct 2013 12:48 

    Kalo dr medan menuju kesana drmn lintasan yg dekat bg??
    Thx b4

  61. dinneno pada Thu, 24th Oct 2013 20:02 

    Kalau dari Medan bisa ambil jalur Medan – Lubuk Pakam – Galang – Dolok Masihul – Dolok Tinggi Raja

  62. rudi pada Wed, 30th Oct 2013 20:44 

    Kalo buat foto kelas bagus gak tempatnya? kalo pake bis pariwisata kira kira bisa gak ya ? soalnya ada niat buat foto buku tahunan kesana , thx

  63. dinneno pada Thu, 31st Oct 2013 4:03 

    Sudah dijelaskan dari beberapa komentar di atas, kesini hanya bisa dilalui dengan sepeda motor. Kalaupun naik mobil ya harus mobil dengan spesifikasi offroad. Naik bus pariwisata kesini? Pulang tinggal ban doang :)

  64. bon pada Sun, 10th Nov 2013 21:14 

    bang dinneno, tp dgr2 ada yg adain trip ksn bs pke bus pariwisata ya…? pdhl kmi mo pke mbil bkn offroad

  65. dinneno pada Tue, 12th Nov 2013 0:43 

    Saya kurang tau kalau ada yang mau pakai bus pariwisata kesana. Pengalaman saya sih tidak bisa. Mungkin sudah ada perbaikan jalan. Coba kontak tim Jelajah ACSU.

  66. hanna pada Sat, 16th Nov 2013 14:41 

    bg dinneno kalo dari pematang siantar menuju bukit kapur kirakira brp jam bg?

  67. dyan pada Mon, 18th Nov 2013 18:36 

    subhanallah. indh bgt tmptnya.. terbayar dech cpeknyaaaa stelh smpai d lokasi…

  68. nda pada Thu, 5th Dec 2013 22:45 

    wahhh ,,,, jadi pengen ke sinii :D

  69. habibi pada Sun, 15th Dec 2013 3:43 

    seperti nya abg dinneno lebih tau daerah disana..
    saya mau nanya..
    apakah jalan menuju lokasi sudah di aspal??
    saya dengar sudah dan bisa di lewati mobil pribadi.
    apakah itu benar bg??

    tolong info nya ya bg ke pin : 25d46e05 fb ([email protected])
    besok mau kesana

  70. dinneno pada Sun, 15th Dec 2013 4:16 

    Kalau ditanya saya lebih tau daerah sana, tidak juga. Saya sudah kesana sebanyak 3 kali. Terakhir kesana sekitar bulan September tahun 2012. Jika ditanya kondisi saat ini, tentunya saya tidak tau pasti. Banyak yang bilang jalur kesana sudah bisa dilalui mobil pribadi karena sudah adanya penimbunan jalan dengan bebatuan sehingga jalan sedikit lebih mulus. Belum ada pengaspalan disana.
    Saya juga melihat foto-foto terakhir yang di share di sosial media, sepertinya kondisi bukit kapur Tinggi Raja sudah berbeda drastis dari kunjungan saya kesana.

  71. amri pada Sat, 11th Jan 2014 15:10 

    omm klaw naek krtaa itu bsa brpa jam omm..?

  72. amri pada Sat, 11th Jan 2014 15:12 

    dinneno:
    omm boleh mnta denah jln ny dri medan …?

  73. fadli pada Wed, 15th Jan 2014 10:20 

    Bg kalau dari medan kira2 jalan mana ya bagus utk di lewati? Dan brpa lama ya perjalanan menuju ke sana. Skalian share mengenain aspek jalannya donk bg.

    Thank’s sebelumnya

  74. ayu pada Mon, 20th Jan 2014 21:42 

    mas din,saya dgr d tinggi rja tu tmpt ny msih bru,ap bnr y ank byi yg bru stgh thun gt lom bs d bw ksna y mas

  75. dinneno pada Tue, 21st Jan 2014 2:31 

    Kalau dari Medan bisa memakan waktu sekitar 4 jam untuk sampai Tinggi Raja. Waduh kalau buat denahnya saya gak bisa karena jalannya masuk kawasan pedesaan dan masuk kawasan hutan. Di posingan ini saya sudah buat jalur yang bisa diambil, masuk saja ke daerah yang sudah saya berikan di atas.

  76. dinneno pada Tue, 21st Jan 2014 2:33 

    Kalau dari Medan saya memilih jalur dari Galang, seperti yang saya tuliskan di postingan ini. Estimasi waktu bisa mencapai 4 jam. Akses kesana jalannya lumayan rusak, tapi menurut info yang saya dapat akses kesana sudah sedikit ada perubahan lebih baik.

  77. dinneno pada Tue, 21st Jan 2014 2:35 

    Tinggi Raja ini sudah lama kok. Saya saja kesini pertama kali pada tahun 2011. Jalur kesana memang cukup ekstrem, menurut saya jangan bawa anak-anak apalagi balita. Terlalu beresiko bayi mbak terkena guncangan sepanjang perjalanan.

  78. arthur pada Wed, 22nd Jan 2014 18:15 

    kira” kalo anda ingin ksna kembali tlg kbri sya ya, supya biar sama” perginya hehehehe

  79. cudd pada Fri, 24th Jan 2014 17:45 

    siapa yg ada rencana ke sana rabu ini, lg nyari teman ne, tuk bisa nyampek ke sana,soalnya penasaran banget sama tempatnya :D
    klo ada hub ak ya, 085222981206

  80. lia pada Fri, 24th Jan 2014 19:25 

    ada yang berencana rabu tanggal 29 mnggu depan ke daerah itu?

  81. Lisa pada Sat, 25th Jan 2014 23:10 

    Kak, kalau naik motor dari Medan kesana biaya ojeknya berapa?
    kalau naik mobil trus nyambung motornya darimana?

    Rencana pengen ksini…

    terima kasih infonya

  82. fri duti pada Wed, 29th Jan 2014 9:20 

    klo naik mobil bs gk smpai tujuan dgn membawa mobil??
    tolong info nya ya!! beri petunjuk jln yg bagus ya ke aku
    biar bs ksna dgn nyaman n jln kaki nya jauh ket4 tujuan??
    hari jumat tgl 31 jan ini mau kesna
    thx

  83. prima pada Wed, 29th Jan 2014 18:24 

    uang masuk nya brapa ya?

  84. Ricky S Sitorus pada Mon, 24th Feb 2014 16:09 

    Saya mau kesana naik mobil pribadi
    Kira2 jalur mana yg enak & cocok dilalui oleh mobil pribadi?

    Thank’s ya

  85. ana pada Fri, 7th Mar 2014 11:56 

    kenapa harus sewa motor dr medan? emang mahal yah, kalau kita sewa dari kota singgalang? sejelek apa sih jalannya?

Sampaikan pikiran anda...
dan jika anda ingin menampilkan gambar diri anda, silahkan gunakan gravatar!