Sindikasi: Subscribe to Blogger SUMUTBeritaSubscribe to Blogger SUMUTKomentar

Pesta Danau Toba 2012

December 29, 2012 oleh  
Tersimpan pada Berita, Potensi dan Pariwisata

Setelah tertunda beberapa kali, akhirnya Pesta Danau Toba 2012 terlaksana di penghujung tahun dan dibuka secara resmi oleh Plt Gubernur Sumatera Utara H. Gatot Pujo Nugroho di Pantai Bebas Parapat. Kabupaten Simalungun menjadi tuan rumah untuk penyelenggaraan Pesta Danau Toba (PDT) 2012 ini dan didukung oleh 7 Kabupaten/Kota yang ada disekitar Danau Toba. Acara pembukaan diawali dengan mengarak obor PDT dari ibukota Kabupaten Simalungun yaitu Pematang Raya menuju kota Parapat tempat acara ini dipusatkan. Arak-arakan ini terdiri dari 20 bikers, 20 becak BSA khas Siantar (buatan Inggris), dan 1 mobil jeep pembawa obor.

Rombongan arak-arakan tiba di Pantai Bebas Parapat pada pukul 08.30 WIB. Sedangkan rombongan panitia beserta jajaran pejabat teras SUMUT tiba di lokasi acara pada pukul 09.30 WIB. Beberapa tokoh yang hadir diacara pembukaan tersebut diantaranya adalah Plt Gubernur Sumatera Utara H. Gatot Pujo Nugroho, Bupati Simalungun Bpk DR. JR. Saragih SH, MM, Pangdam I/BB, Kapoldasu, anggota DPR, dan tokoh adat serta tokoh agama.

Acara dibuka dengan doa lintas agama yang dibawakan oleh tokoh-tokoh agama (Islam, Kristen Protestan, Katolik, dan Budha). Selesai pembacaan doa, seluruh peserta menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia, Indonesia Raya. Acara kemudian dilanjutkan dengan laporan ketua umum Pesta Danau Toba 2012 yaitu oleh bapak Ir. Jan Wanner Saragih, M.Si. Dalam laporannya menyatakan bahwa maksud dan tujuan Pesta Danau Toba 2012 adalah untuk melestarikan Danau Toba dan budaya disekitarnya serta mempromosikan kembali Danau Toba menjadi salah satu ikon pariwisata SUMUT. Bupati Simalungun dan Plt Gubernur Sumatera utara juga menyampaikan kata sambutannya secara bergantian.

Pembukaan Pesta Danau Toba 2012

Pemukulan gendang menandai pembukaan acara PDT 2012

Pembukaan PDT 2012 ini direncanakan dibuka oleh MENKO Perekonomian RI, akan tetapi karena bapak menteri berhalangan hadir maka acara dibuka secara resmi oleh Plt Gubernur Sumatera Utara H. Gatot Pujo Nugroho. Pemukulan gendang menandai pembukaan acara PDT 2012 ini yang digelar mulai tanggal 28 – 31 Desember 2012. Di acara pembukaan ini juga disuguhkan tarian Tortor Somba Simalungun dan Tortor Sipitu Sawan yang memukau para undangan. Selain itu diadakan juga parade kapal hias yang dilepas oleh Plt Gubernur Sumatera Utara.

Penari di PDT 2012

Penari Tortor Sipitu Sawan di PDT 2012

Acara pembukaan ini diakhiri dengan makan bersama yang telah disediakan oleh panitia. Acara ini berakhir sebelum pukul 12.00 WIB, sehingga tidak mengganggu umat Muslim untuk melaksanakan sholat Jumat. Setiap malam acara hiburan rakyat akan disuguhkan di panggung Open Stage Parapat. Pengunjung juga bisa mengunjungi pameran yang ditempatkan di Convention Hall Harungguan Bolon yang berdekatan dengan panggung open stage. Artis lokal dan ibukota akan turut serta memeriahkan acara ini diantaranya adalah Dewi Marpaung, Dakka Hutagalung, Devi Idol, dan Judika Sitohang. Acara penutupan juga akan dikemas dengan acara kembang api “Old & New”. Ayo berkunjung ke Danau Toba Parapat.

Tentang Deniel Sinaga
Mencoba belajar menuangkan cerita, ide dan pengalaman dalam sebuah tulisan. Twitter: @DenielSinaga
Blog: http://parapat-news.blogspot.com/

Komentar

Satu Komentar untuk tulisan "Pesta Danau Toba 2012"

  1. Badia Tarigan pada Sat, 29th Dec 2012 1:41 

    Wah sayang sekali kampung saya bukan di parapat
    jadi gak bisa menikmati keseruan acara ini
    tapi mengapa ya event ini selalu diadakan di penghujung tahun ?

Sampaikan pikiran anda...
dan jika anda ingin menampilkan gambar diri anda, silahkan gunakan gravatar!